Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Visi, misi, sasaran dan tujuan UNIDA Gontor disusun berdasarkan nilai, jiwa, dan falsafah hidup Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai cikal bakal berdirinya. UNIDA Gontor merupakan manifestasi dari salah satu butir Piagam Penyerahan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1958. Dalam piagam disebutkan bahwa para pemegang amanah wakaf atau Badan Wakaf memiliki kewajiban untuk mewujudkan Pondok Modern Darussalam Gontor menjadi universitas Islam yang berarti dan bermutu dan tetap berjiwa pesantren. Karenanya, visi dan misi UNIDA Gontor dilandaskan pada nilai-nilai tersebut dengan membawa warna khas, yaitu Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan menjadi pusat bahasa al-Qur’an.
Penyusunan visi, misi, sasaran, dan tujuan UNIDA Gontor dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut sebagaimana tertuang dalam SK Rektor 448/ISID/R-e/VII/1435 Tentang Pedoman SOP Penyusunan Visi dan Misi Universitas Darussalam Gontor.

Visi
Menjadi universitas bersistem pesantren yang bermutu dan berarti, sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan yang berorientasi pada Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan sebagai pusat kajian bahasa al-Qur’an untuk kesejahteraan umat manusia.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran,  penelitian, dan  Pengabdian kepada Masyarakat dalam kerangka Islamisasi Ilmu Pengetahuan kontemporer dan pengembangan bahasa al-Quran;
  2. Mengembangkan sistem Perguruan Tinggi pesantren sebagai basis kehidupan kampus dalam rangka mengembangkan berbagai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat;
  3. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri dalam rangka mengembangkan Tri dharma perguruan tinggi, pengembangan SDM, dan penguatan jaringan kerja.   
Tujuan
  1. Terselenggaranya pendidikan, pengajaran,  penelitian, dan  Pengabdian kepada Masyarakat dalam kerangka Islamisasi Ilmu Pengetahuan kontemporer dan pengembangan bahasa al-Quran;Dihasilkannya insan yang beriman, berakhlaq mulia, berpengetahuan luas, berpikiran kreatif, menguasai 10 kompetensi dasar yang meliputi problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligent, judgement and decision making, service orientation, negotiation, dan cognitive flexibilityyang mampu mengamalkan ilmunya secara kreatif, inovatif dan profesional, serta sanggup berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Terjalin kerjasama dalam berbagai bidang dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri dalam rangka mengembangkan Tri dharma perguruan tinggi, pengembangan SDM, dan penguatan jaringan kerja.
  3. Terjalin kerjasama dalam berbagai bidang dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri dalam rangka mengembangkan Tri dharma perguruan tinggi, pengembangan SDM, dan penguatan jaringan kerja.

Schedule Penyusunan
Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi UNIDA Gontor
No Waktu Kegiatan Hasil Kegiatan
1 10 Rajab 1435
10 Mei 2014
Rapat Pimpinan ISID Gontor untuk membentuk tim perumus Visi dan Misi Institusi Draft pengusulan penetapan tim perumus visi dan misi UNIDA Gontor
2 13 Rajab 1435
13 Mei 2014
Penetapan tim perumus visi dan misi oleh Rektor ISID Gontor Penerbitan Surat Keputusan Rektor Nomor 1433/ISID/R-e/VII/1435 tentang Penetapan Tim Perumus Visi dan Misi UNIDA Gontor
3 17 Rajab 1435
17 Mei 2014
Rapat Penyusunan Visi dan Misi  Universitas Darussalam Gontor yang dihadiri  Tim Penyusun Visi dan Misi. Tema Rapat “Pembahasan Draf Visi dan Misi Universitas Darussalam Gontor Pijakan dasar dalam penyusunan draft visi, misi, tujuan dan strategi UNIDA Gontor
4 25 Rajab 1435
25 Mei 2014
Tim perumus melakukan kajian terhadap Filsafat Pondok (Panca Jiwa, Motto, dll) dan amanat dari Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor.
 
Rancangan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi UNIDA Gontor
5 29 Rajab 1435
29 Mei 2014
Survey rancangan visi, misi, tujuan, dan strategis dengan stakeholders internal dan eksternal
 
Hasil survey rancangan visi, misi, tujuan, dan strategis dengan stakeholders internal dan eksternal
6 10 Sya’ban 1435
9 Juni  2014
Diskusi dan analisis hasil diskusi oleh Tim Perumus Hasil analisis dan masukan untuk rancangan visi, misi, tujuan, dan sasaran UNIDA Gontor
7 29 Sya’ban 1435
28 Juni 2014
Rapat penyerahan draft rancangan kepada pimpinan ISID Gontor Rumusan akhir visi, misi, tujuan dan sasaran UNIDA Gontor
 
8 8 Ramadhan 1435
6 Juli 2014
Pembahasan visi, misi, tujuan, dan strategi UNIDA Gontor secara komprehensif oleh senat ISID Gontor dan YPTD Persetujuan rumusan visi, misi, tujuan, dan strategi UNIDA Gontor
9 12 Ramadhan 1435
10 Juli 2014
Penetapan visi, misi, tujuan, dan strategi UNIDA Gontor oleh Rektor ISID Gontor Keputusan Rektor No. 1966/ISID/R-e/IX/1435 tentang Penetapan Visi dan Misi Universitas Darussalam Gontor
 
Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam perumusan VMTS UNIDA Gontor beserta peranannya adalah sebagai berikut:
(1) Unsur pimpinan yaitu Rektor, para Wakil Rektor, Direktur Program Pascasarjana, Dekan, Ketua Program Studi, Ketua Biro, Lembaga,
(2) Dosen,
(3) Tenaga Kependidikan,
(4) Perwakilan Dewan Mahasiswa,
(5) Alumni,
(6) Tokoh Masyarakat sebagai pengguna lulusan,
(7) Perwakilan Pondok Pesantren Alumni Gontor sebagai pengguna lulusan,
(8) Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai Presiden UNIDA Gontor,
(9) Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam Gontor.
  1. Kebijakan
Dokumen-dokumen kebijakan yang menjadi acuan / dasar dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi UNIDA Gontor adalah sebagai berikut:
  1. Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003, tanggal 8 Juli 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  3. Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi;
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2005 tentang Dosen;
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
  8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
  9. Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 139 tahun 2014 tentang Statuta dan Organisasi Perguruan Tinggi;
  11. Keputusan Mendikbud RI No. 197/E/O/2014 tentang izin pendirian UNIDA Gontor di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam Pondok Modern Darussalam Gontor;
  12. Piagam Penyerahan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1958;
  13. Surat Persetujuan Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam  No. 173/YPTD/f/VII/2015 tentang integrasi ISID Gontor ke UNIDA Gontor;
  14. Statuta UNIDA Gontor;
  15. Rencana Induk Pengembangan UNIDA Gontor tahun 2014-2040;
  16. Rencana Strategis (Renstra) UNIDA Gontor tahun 2016-2020;
  17. SK Rektor 448/ISID/R-e/VII/1435 Tentang Pedoman SOP Penyusunan Visi dan Misi Universitas Darussalam Gontor;
  18. Keputusan Rektor No. 1966/ISID/R-e/IX/1435 tentang Penetapan Visi dan Misi Universitas Darussalam Gontor
VMTS yang telah disetujui dan diusulkan oleh tim Perumus, kemudian ditetapkan melalui Keputusan Rektor No. 1966/ISID/R-e/IX/1435 tentang Penetapan Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Universitas Darussalam Gontor.Visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah disetujui oleh Senat Universitas kemudian disosialisasikan ke seluruh stakeholder, yaitu meliputi ‎civitas akademika (dosen dan mahasiswa), tenaga kependidikan, alumni, ‎pengguna lulusan, maupun masyarakat yang lebih luas.
Sosialisasi dilakukan ‎melalui berbagai cara. Berbagai sarana dan kesempatan seperti media elektronik, media cetak, ‎buku pedoman, brosur-brosur, poster/banner, kalender, penyampaian pada rapat-rapat ‎kerja, kegiatan Pengenalan Program Akademik Mahasiswa Baru, dan display di ruang ‎rektorat, dimanfaatkan sebagai media sosialisasi Visi dan Misi UNIDA Gontor.
Sosialisasi berkala dilakukan ‎oleh pimpinan Universitas bersamaan dengan kegiatan safari pimpinan ‎Universitas ke fakultas-fakultas pada awal semester yang diikuti oleh dosen, ‎tenaga kependidikan, dan perwakilan mahasiswa. Sosialiasi secara eksternal, ‎khususnya dilakukan kepada alumni, roadshow ke berbagai daerah, ‎baik yang dilakukan secara langsung oleh universitas, fakultas, maupun lembaga ‎kemahasiswaan yang sedang melaksanakan kegiatan di daerah. ‎
Sosialiasi melalui media elektronik termuat dalam website UNIDA Gontor ‎http://unida.gontor.ac.id yang saat ini banyak diakses oleh khalayak sasaran strategis maupun masyarakat. Selain itu, di era digital ini, UNIDA Gontor juga memanfaatkan berbagai jejaring sosial untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan visi, misi, tujuan, sasaran, dan berbagai ragam kegiatan yang berlangsung yaitu melalui kanal YouTube, Instagram, dan Facebook. Dengan cara ini seluruh pemangku kepentingan dapat ‎memahami visi, misi, tujuan dan sasaran capaian UNIDA Gontor. ‎
Pada lingkup yang lebih kecil sosialisasi kepada dosen dan mahasiswa dilakukan sejak awal tahun ajaran baru pada acara pembukaan tahun ajaran baru. Demikian juga pada awal semester genap. Orientasi dan penjelasan kepada staf baru, serta rapat koordinasi antara pengelola dan staf soal tupoksi agar tetap selaras dengan visi, misi dan tujuan program studi juga dilakukan. Sosialisasi juga dilakukan dengan selalu memberikan arahan tentang filosofi dan operasional dari visi, misi, tujuan dan sasaran pada setiap kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Lebih dari itu, sosialisasi dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet melalui website, banner dan spanduk yang diletakkan di beberapa tempat strategis, dan penempelan visi misi pada absen mahasiswa. Para mahasiswa juga diwajibkan memiliki buku pedoman Universitas yang berisi visi, misi, tujuan, hingga stuktur fungsionaris dan tata pamong.
Universitas yang berisi visi, misi, tujuan, hingga stuktur fungsionaris dan tata pamong. Untuk mengukur tingkat pemahaman visi dan misi UNIDA Gontor oleh seluruh sivitas akademika, diadakan survey. Survey pemahaman visi dan misi UNIDA Gontotor menggunakan angket Google form dan disebarkan kepada seluruh sivitas akademika, mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni, pejabat structural hingga mitra. Berikut adalah data yang didapat:

Strategi Pencapaian VMTS
No Standar Strategi Pencapaian Sumber Daya Mekanisme Kontrol
1 Pendidikan Peningkatan Input Mahasiswa dan Kualitas Dosen Pimpinan Institusi, Pengelola UPPS, BAAK, BPM, Dosen, Mahasiswa, Mitra kerjasama, Direktorat Islamisasi, Direktorat Kepengasuhan -Evaluasi kegiatan Pembelajaran secara berkala (Mingguan, Dwipekanan, Bulanan, Semester)
-Dosen Wali Akademik dan Kegiatan Kepesantrenan
-Penghargaan Mahasiswa dan Dosen berprestasi

-Evaluasi dari Pengguna Lulusan

-Review Kurikulum setiap (maks) 4 tahun
Efektivitas Proses Pendidikan
Peningkatan Kualitas Lulusan
Peningkatan Outcome Lulusan
2 Penelitian Peningkatan Input Penelitian Pimpinan Institusi, LPPM, Pengelola UPPS, Dosen, Mahasiswa, Mitra Kerjasama -Renstra Penelitian UNIDA Gontor
-SOP Penelitian UNIDA Gontor
-Buku Panduan Penelitian UNIDA Gontor
-RKAT LPPM dan tiap UPPS tentang Penelitian
-Monev Penelitian Hibah Internal dan Eksternal oleh LPPM dan BPM
Efektivitas Proses Penelitian
Peningkatan Luaran Penelitian
Peningkatan outcome Penelitian
3 PkM Peningkatan Input PkM Pimpinan Institusi, LPPM, Pengelola UPPS, PPM, Dosen, Mahasiswa, Mitra Kerjasama, Pusdiklat -Renstra PkM UNIDA Gontor
-SOP PkM UNIDA Gontor
-Buku Panduan PkM UNIDA Gontor
-RKAT LPPM dan tiap UPPS tentang PkM
-Monev PkM Hibah Internal dan Eksternal oleh LPPM dan BPM
Efektivitas Proses PkM
Peningkatan Luaran PkM
  1. Indikator Kinerja Utama
No Standar Strategi Pencapaian Indikator Target 2018-2019
Capaian Sat.
1 Pendidikan Peningkatan Input Mahasiswa dan Kualitas Dosen -Jumlah Mahasiswa Baru
 
1600 mhs
-Mhs Asing
 
1.5 %
-Rasio Kecukupan Dosen dan Mhs
 
1:20 Rasio
-Rasio Dosen thd Program Studi 10 Dosen/Prodi
Efektivitas Proses Pendidikan -Kelengkapan Kurikulum
 
MK, RPS SKS Tersedia
-Integrasi hasil Penelitian dan PkM dalam Kurikulum
 
MK Terintegrasi
-Kecukupan Dana Operasional Pembelajaran 20 Juta
-Dana yang bersumber selain dari Mahasiswa 10 Persen
Peningkatan Kualitas Lulusan -IPK Lulusan S1 3.25 IPK
-IPK Lulusan S2 3.5 IPK
-Lama Masa Studi S1 4,3 tahun
-Prestasi Akademik Mahasiswa 150 Kegiatan
Peningkatan Outcome Lulusan -Kepuasan Pengguna Lulusan
 
75 %
-Masa Tunggu Lulusan 6 Bulan
2 Penelitian Peningkatan Input Penelitian -Realisasi Kerjasama di bidang Penelitian 30 Kegiatan
Efektivitas Proses Penelitian -Ketersediaan Dana Penelitian 20 Juta
-Sumber Dana Penelitian Eksternal 50 Kegiatan
Peningkatan Luaran Penelitian -Jumlah Penelitian 224 Penelitian
    -Jumlah Publikasi Ilmiah Dosen 224 Publikasi
Peningkatan outcome Penelitian -Jumlah Sitasi Karya Ilmiah per Dosen 0.5 Rata-rata
3 PkM Peningkatan Input PkM -Realisasi Kerjasama di Bidang PkM 30 Kegiatan
Efektivitas Proses PkM -Ketersediaan Dana PkM 5 Juta
-Sumber Dana PkM Eksternal 50 Kegiatan
Peningkatan Luaran PkM -Jumlah PkM per dosen 1 Kegiatan
-Rata-rata jumlah HKI dan luaran lainnya 0,5 Persen

Indikator Kinerja Tambahan
No Standar Indikator Ketercapaian Analisis Ketercapaian
1 Pendidikan Pendidikan Berbasis Pesantren -Seluruh Mahasiswa bertempat tinggal di Asrama
-Rektor sebagai Kyai dan Pimpinan Pondok sebagai
-IPK merupakan akumulasi dari IPK Akademik dan IPK Kesantrian (IPKs)
-Tahfidz menjadi mata kuliah wajib dan kelulusannya menjadi syarat mengikuti UAS
Kurikulum Berbasis Islamisasi -Implementasi Kurikulum berbasis Islamisasi (25% total seluruh MK) di seluruh prodi
-Kajian Islamisasi menjadi kegiatan wajib untuk seluruh dosen, tendik, dan mahasiswa
 
Bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa pengantar pembelajaran -Bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa Pengantar Perkuliahan
-Bahasa Arab dan Inggris menjadi mata kuliah wajib selama 3 semester
-Kelulusan Ujian Komprehensif Bahasa Arab atau Inggris menjadi syarat penulisan Tugas Akhir
-Tugas Akhir menggunakan bahasa Arab atau Inggris
2 Penelitian Roadmap Penelitian Berbasis Islamisasi dan Pembelajaran Bahasa Arab -Tersedianya Roadmap Penelitian berbasis Islamisasi
-Penelitian dalam bidang Pembelajaran Bahasa Arab di seluruh Prodi
3 PkM Roadmap PkM Berbasis Islamisasi -Tersedianya Roadmap PkM berbasis Islamisasi
-PkM yang dilaksanakan berfokus pada pembinaan TPA, Musholla, dan  Sekolah-sekolah di sekitar kampus.

Evaluasi Capaian Kinerja
No Indikator Target
2018-2019
Capaian
2018-2019
Analisis Ketercapaian
1 Jumlah Mahasiswa Baru
 
1600 mahasiswa 1660 mahasiswa Tercapai 103%
2 Jumlah Mahasiswa Asing
 
1.5 % 4.8% Tercapai 320%
3 Rasio Kecukupan Dosen dan Mhs
 
1:20 1:18 Tercapai 111%
4 Rasio Dosen thd Program Studi 10 dosen/prodi 10.6 dosen/prodi Tercapai 106%
5 Kelengkapan Kurikulum
 
MK, RPS SKS Tersedia MK, RPS, SKS, Tersedia Tercapai 100%
6 Integrasi hasil Penelitian dan PkM dalam Kurikulum
 
MK Terintegrasi Mk Terintegrasi Tercapai 100%
7 Kecukupan Dana Operasional Pembelajaran 20 juta 20 juta Tercapai 100%
8 Dana yang bersumber selain dari Mahasiswa 10 % 56% Tercapai 560%
9 IPK Lulusan S1 3.25 3.44 Tercapai 105%
10 IPK Lulusan S2 3.5 3.62 Tercapai 103%
11 Lama Masa Studi S1 4,3 tahun 4,1 tahun Tercapai 104%
12 Prestasi Akademik Mahasiswa 150 kegiatan 209 kegiatan Tercapai 139%
13 Kepuasan Pengguna Lulusan
 
75 % 91% Tercapai 121%
14 Masa Tunggu Lulusan 6 bulan 3.5 bulan Tercapai 171%
15 Realisasi Kerjasama di bidang Penelitian 30 kegiatan 36 kegiatan Tercapai 120%
16 Ketersediaan Dana Penelitian 20 juta 20 juta Tercapai 100%
17 Sumber Dana Penelitian Eksternal 50 kegiatan 58 kegiatan Tercapai 116%
18 Jumlah Penelitian 224 penelitian 234 Penelitian Tercapai 104%
19 Jumlah Publikasi Ilmiah Dosen 224 publikasi 293 publikasi Tercapai 130%
20 Jumlah Sitasi Karya Ilmiah per Dosen 0.5 per dosen 0.40 per dosen Tercapai 80%
21 Realisasi Kerjasama di Bidang PkM 30 Kegiatan 37 kegiatan Tercapai 123%
22 Ketersediaan Dana PkM 5 Juta 8 juta Tercapai 160%
23 Sumber Dana PkM Eksternal 50 Kegiatan 74 kegiatan Tercapai 148%
24 Jumlah PkM per dosen 1 kegiatan 0.54 kegiatan Tercapai 54%
25 Rata-rata jumlah HKI dan luaran lainnya 0.5 Persen 0.64 persen Tercapai 128%
 
No Standar Akar Masalah Faktor Pendukung/Penghambat
1 Pendidikan Pemutakhiran Paradigma Kurikulum perlu selalu dikembangkan (KKNI-OBE);

Jumlah dosen perlu menyesuaikan penambahan jumlah mahasiswa agar rasio tetap sehat

Model perguruan tinggi pesantren perlu dukungan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan kepesantrenan
 
Faktor Pendukung:
  1. Animo Mahasiswa baru semakin meningkat karena 19 PS yang telah terakreditasi;
  2. Rasio Dosen dan mahasiswa dan dosen/prodi sehat
  3. Tersedianya Sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran dan kepesantrenan
  4. Berbagai kegiatan kepesantrenan membuat mahasiswa lebih aktif dan memiliki skill yang dibutuhkan para pengguna

Faktor Penghambat:
  1. Jabatan akademik Dosen masih belum memadai
  2. Kualifikasi Dosen S3 30 dari total 224 dosen tetap (13%)
2 Penelitian
Hasil Penelitian harus terintegrasi dengan Kurikulum Pembelajaran

Hasil penelitian dosen dan mahasiswa perlu dipublikasikan dalam jurnal maupun seminar Internasional

Ketersediaan dan kecukupan dana Penelitian, baik internal maupun eksternal
Faktor Pendukung:
  1. Jumlah Kerjasama Penelitian dengan mitra memberikan manfaat pada Program Studi di UNIDA Gontor
  2. Tersedianya roadmap penelitian yang jelas dan relevan
  3. Mahasiswa banyak dilibatkan dalam penelitian
  4. Tersedianya Dana Penelitian Internal dan Eksternal yang dapat diakses oleh semua dosen.
  5. Hasil Penelitian dibutuhkan untuk pemutakhiran Kurikulum
  6. Tren jumlah penelitian semakin membaik dalam 3 tahun terakhir

Faktor Penghambat:
  1.  Rata-rata jumlah penelitian dalam 3 tahun belum mencapai 1 penelitian per dosen
3 PkM PkM berdasarkan pada roadmap yang berbasis Islamisasi

Hasil PkM harus terintegrasikan ke dalam Kurikulum dan dapat memberikan manfaat pada masyarakat.


Ketersediaan dana PkM, baik Internal maupun eksternal
Faktor Pendukung:
  1. Jumlah Kerjasama PkM dengan mitra memberikan manfaat pada pelaksanaan PkM di Program Studi di UNIDA Gontor
  2. Tersedianya Dana PkM Internal dan Eksternal yang dapat diakses oleh semua DTPS
  3. Tersedianya roadmap PkM yang jelas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat
  4. Luaran PkM berupa Buku atau HKI

Faktor Penghambat:
  1. Rata-rata jumlah PkM masih belum sehat (minimal 1)
  2. Belum seluruh luaran PkM berupa Buku atau HKI

Kesimpulan Hasil Evaluasi Ketercapaian VMTS dan Tindak Lanjut
Hasil evaluasi ketercapaian VMTS UNIDA Gontor merumuskan beberapa catatan. Catatan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Batasan waktu yang cukup panjang, sehingga diperlukan konsistensi dan koherensi dengan rumusan visi UNIDA.
  2. Belum optimalnya implementasi tri darma perguruan tinggi sebagian sivitas akademika untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan UNIDA Gontor.
  3. Perubahan dan perkembangan IPTEK yang cepat menuntut penyesuaian perencanaan kebijakan dan juga strategi UNIDA Gontor secara konsisten dengan jarak yang semakin pendek dan siklus yang lebih cepat.
  4. Rumusan yang ada meniscayakan dosen untuk memasukkan artikel di jurnal internasional dan disitasi oleh akademisi internasional.
Dalam menyikapi masalah tersebut dapat disimpulkan bahwa akar permasalahan terletak pada sikap kompetitif ilmiah dan etos kerja sivitas akademika, produk luaran dosen berupa penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat, dan tantangan globalisasi dalam pembentukan karakter mahasiswa, dosen, dan lulusan UNIDA Gontor.
Sebagai langkah tindak lanjut, UNIDA Gontor semakin gencar mengadakan sosialisasi kepada stakeholder eksternal dalam rangka memahamkan mereka akan VMTS UNIDA Gontor. Program tersebut juga diimbangi dengan penguatan pemahaman VMTS UNIDA Gontor bagi internal UNIDA Gontor sehingga dapat diimplementasikan dalam setiap kegiatan, bahkan lebih jauh menjadi dasar dalam pola pikir, sikap, dan tingkah laku para sivitas akademika.
Sebagai bentuk pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi, produk luaran dosen berupa penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat memiliki peran yang vital. Gairah para dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat perlu ditingkatkan dengan berbagai reward dan punishment sebagai salah satu faktor pendorongnya. Kewajiban mahasiswa untuk mengisi AKPAM sebagai syarat mengikuti UAS diharapkan mampu melahirkan semangat dan etos kerja ilmiah.
Para dosen juga dituntut dapat lebih banyak berkontribusi dalam bidang tersebut. Penyediaan dana penelitian dan sistem reward merupakan beberapa langkah nyata dalam rangka meningkatkan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Setelah itu, peningkatan kualitas akan diadakan secara bertahap agar produk luaran tersebut berupa buku, jurnal, publikasi, produk, hingga jasa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
Terakhir adalah tindak lanjut UNIDA Gontor dalam menyikapi tantangan globalisasi. Tantangan tersebut tidak hanya menimbulkan banyak efek negatif bagi seluruh sivitas akademika di lingkungan UNIDA Gontor, namun juga memacu mereka untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menjawab tantangan zaman. Nilai-nilai pesantren adalah nilai yang abadi dan tidak bertentangan dengan zaman. Ia justru dapat memberi corak khas di era globalisasi yang identik dengan krisis identitas. Dengan berpegang pada semboyan ‘al-muchaafadzatu ‘ala-l- Qadiim ash-Shaalih wa’l-Akhdzu bi’l Jadidi’l Ashlah” `menjaga tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik`, diharapkan UNIDA Gontor tetap menjadi representasi perguruan tinggi pesantren yang tidak hanyut dengan arus deras globalisasi.

Sumber : Statuta UNIDA Gontor, Rencana Induk Pengembangan 2014-2040, Rencana Strategis 2016-2020, SK Ijin Pendirian UNIDA Gontor, SOP Penyusunan dan Sosialisasi VMTS, SK Penetapan Visi dan Misi, Dokumen Islamisasi, Dokumen Dir. Kepengasuhan, Hasil Survei Pemahaman Visi dan Misi, SK Integrasi ISID-UNIDA, Pelaksanaan Khutbatul Arsy, , ,