Pengabdian Masyarakat



8. Pengabdian kepada Masyarakat

 

  1. Latar Belakang
Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu fungsi maupun tugas pokok dari perguruan tinggi, sehingga pelaksanaannya perlu didukung oleh segenap sivitas akademika UNIDA Gontor, disertai adanya pemahaman yang utuh tentang konsep, strategi dan program pengabdian kepada masyarakat termasuk metoda pelaksanaannya.
Penetapan standar pengabdian kepada masyarakat mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 179/E/O/2014 tentang pendirian Universitas Darussalam Gontor, Renstra Pengabdian Masyarakat Nomor: 970/UNIDA/R-e/VI/1439 dan SPMI UNIDA Gontor. Pengabdian kepada masyarakat dikoordinir oleh (LPPM) UNIDA Gontor sebagai kegiatan akademik yang menjadi tugas pokok di dalam mengembangkan, menerapkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dimasyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungannya. Pengabdian kepada masyarakat yang telah dan sedang dilaksanakan di antaranya pemberdayaan masyarakat pedesaan melalui pendidikan dan dakwah, membina kerjasama/kemitraan melalui Desa Mitra Binaan dengan melibatkan seluruh potensi desa yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat desa mitra binaan dan sekitarnya, dan membina kerjasama atau kemitraan dengan instansi terkait, swasta atau pemerintah.
 
  1. Kebijakan
Sebagian dari tugas pokok perguruan tinggi saat ini adalah Pengabdian kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya diperlukan dukungan dari segenap sivitas akademika Unida Gontor, juga diperlukan pemahaman yang komprehensif mengenai strategi dan konsep pengabdian kepada masyarakat hingga metode dan petunjuk pelaksanaannya.
Kebijakan dan system pengelolaan PkM termaktub dalam peraturan Rektor UNIDA Gontor tentang pelaksanaan penelitian dan pengqabdian kepada masyarakat. Kebijakan dan system pengelolaan kegiatan PkM mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 179/E/O/2014 tentang pendirian Universitas Darussalam Gontor, RIP UNIDA Gontor tahun 2016-2040, Renstra UNIDA Gontor, STATUTA UNIDA Gontor,  Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Nomor: 970/UNIDA/R-e/VI/1439, SOP Pelatihan dan Klinik Proposal PKM, SOP Rekrutmen Tim Reviewer Internal PkM, SOP Seminar Pembahasan Proposal PKM, SOP Desk Evaluasi Proposal, SOP Pembahasan Proposal PkM, SOP Penetapan Pemenang PkM, SOP Proses Kontrak Pelaksanaan PkM,  SOP Proses Monitoring dan Evaluasi Internal, SOP Pelaporan Hasil PkM, SOP Seminar Hasil PkM, SOP Penjaminan Mutu PkM, SOP Tindak Lanjut Hasil PkM, SOP Sistem Penghargaan. dan SPMI UNIDA Gontor.    
 
  1. Standar Perguruan Tinggi dan Strategi Pencapaian Standar
Berdasarkan pasal 61 ayat 2 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi bahwa “perguruan tinggi wajib memiliki rencana strategis pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari rencana strategis perguruan tinggi”. Untuk mencapai tujuan tersebut, Universitas Darussalam Gontor menyusun sasaran, strategi, dan kebijakan sampai dengan tahun 2020 yang dituangkan dalam Renstra pengabdian kepada masyarakat. Renstra ini merupakan orientasi kebijakan dan pengambilan keputusan dalam pelaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Darussalam Gontor.
Strategi pencapaian standar PkM UNIDA Gontor adalah sebagai berikut:
 
No Standar Strategi Pencapaian Standar Sumber Daya Mekanisme Kontrol
1 Perencanaan
 
 
 
 
Pelatihan atau klinik proposal PkM sebelum diajukan KemenRistek yang sesuai dengan Visi dan Misi UNIDA Gontor Dosen dan atau Mahasiswa Pendampingan dalam klinik proposal PkM
Memonitor klinik proposal PkM
Mengevaluasi klinik proposal PkM
Rekruitmen dan Interview pengaju PkM Internal UNIDA Gontor Dosen dan atau Mahasiswa Memantau dalam rekruitmen dan interview PkM
Evaluasi Proposal PkM Internal yang disesuaikan dengan Visi dan Misi UNIDA Gontor Dosen dan atau Mahasiswa Melakukan evaluasi proposal PkM
Seminar Proposal PkM (Internal) Dosen dan atau Mahasiswa Penilaian Proposal, mengupload proposal ke Simlibtamas DIKTI
Penetapan Pemenang PkM Dosen dan atau Mahasiswa Penilai melakukan penilaian hasil proposal PkM, presentasi didepan penilai
2 Pelaksanaan
 
Kontrak Pelaksanaan PkM Dosen dan atau Mahasiswa Bertanggung jawab atas PkM,
Monitoring pelaksanaan PkM Dikti dan disesuaikan dengan Visi dan Misi UNIDA Gontor Dosen dan atau Mahasiswa Memonitor, mengevaluasi pelaksanaan PkM
3 Pelaporan PkM Proses Pelaporan PkM Dosen dan atau Mahasiswa Menyampaikan informasi pengunggahan pelaporan
pengunggahan laporan
memeriksa rekapitulasi PkM
Menerima Hard Copy laporan PkM
Pengarsipan
seminar Hasil PkM


PkM Unggulan UNIDA Gontor
            Penetapan PkM unggulan UNIDA Gontor dilakukan melalui Forum Group Discussion antara LPPM dan kaprodi di UNIDA Gontor. Penetapan PkM unggulan dilakukan dengan mempertimbangkan aspek isu-isu permasalah sosial yang terjadi di wilayah jangkauan kampus UNIDA Gontor, yaitu Karesidenan Madiun dan sekitarnya. Maka diusunglah tema PkM untuk 5 tahun terakhir dalam “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan”. Isu-isu yang diangkat dalam program PkM unggulan UNIDA Gontor adalah:
  1. Peningkatan mutu Pendidikan Masyarakat marjinal;
  2. Pemberdayaan masyarakat berkebutuhan khusus;
  3. Mencerdaskan masyarakat melalui pendekatan agama;
  4. Ketahanan dan kedaulatan pangan;
  5. Pengembangan UMKM;
  6. Industri dan teknologi informasi;
  7. Kesehatan, gizi, dan obat-obatan;
  8. Peningkatan komoditas agraris.
  9. Pemberdayaan ekonomi melalui agrowisata kampung durian.
  10. PPK Agrotech training center.
 
  1. Indikator Kinerja Utama
    1. Renstra PkM
Guna mengukur implementasi dan efektivitas Renstra UNIDA Gontor, diperlukan indikator kinerja baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, yang mencakup aspek input, proses, output, dan outcome. Berikut adalah beberapa aspek yang dinilai:
  1. Capaian terhadap peningkatan angka partisipasi dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Capaian terhadap kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Capaian peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Kemenristekdikti, Kemenag, maupun instansi lain baik negeri maupun swasta (CSR);
  4. Capaian terhadap mutu hasil pengabdian kepada masyarakat, yaitu jumlah publikasi meningkat (baik nasional maupun internasional);
  5. Capaian terhadap relevansi hasil pengabdian kepada masyarakat, yaitu jumlah HaKI, paten, dan jumlah PkM dari industri meningkat.
Kinerja implementasi Renstra diukur berdasarkan indikator kinerja kunci (Key Performance Indicators) yang lebih menitikberatkan pada output dan outcome hasil pengabdian kepada masyarakat. Pengukuran kinerja pelaksanaan Renstra PkM UNIDA Gontor dilakukan oleh LPPM UNIDA Gontor. Pengukuran dilakukan pada setiap akhir periode PkM.

Tabel 8.3. Indikator Capaian PkM UNIDA GONTOR
Indikator Kondisi dan Target
2019 2020 2021 2022 2023
Angka Partisipasi Dosen (Jumlah PkM/Jumlah Dosen 40% 50% 60% 70% 90%
Jumlah PkM didanai internal 48 60 70 80 120
Jumlah PkM lembaga Dalam Negeri 71 90 100 110 120
Jumlah PkM yang didanai lembaga Luar Negeri 3 8 10 15 20
Jumlah Mitra 35 45 55 65 75
Publikasi Ilmiah PkM 10 20 30 40 50
Jumlah HaKI, Paten 42 60 80 100 120

Renstra PkM UNIDA Gontor telah dibuat dengan surat keputusan Rektor nomor: 970/UNIDA/R-e/VI/1439 tentang revisi penyusunan Renstra Universitas Darussalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Dalam renstra tersebut memuat pengembangan Pengabdian kepada Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIDA Gontor menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang didasarkan pada visi dan misi UNIDA Gontor, statuta, rencana strategis UNIDA Gontor tahun 2014-2030, Rencana Induk Pengembangan UNIDA Gontor dan keputusan senat tentang pengembangan penelitian dan PkM di UNIDA Gontor. Mengacu pada hal-hal tersebut LPPM UNIDA Gontor merumuskan visi, misi, tujuan serta sasaran dan strategis.
Dalam renstra PkM disebutkan bahwa sasaran program strategis PkM UNIDA Gontor sebagai berikut; Pendidikan dan Filsafat, Sosial dan Humaniora, Pangan, TIK, Kesehatan dan Lingkungan.
Indikator kinerja PkM yang dirumuskan oleh UNIDA Gontor sebagai berikut;
1. Capain terhadap peningkatan angka partisipasi dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat
2. Capaian terhadap kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat
3. Capaian peningkatan kegiatan pengabdian kepada mayarakat yang didanai oleh Kemenristekdikti, Kemenag, maupun instansi lain baik negeri maupun swasta (CSR)
4. Capaian terhadap mutu hasil pengabdian kepada masyarakat, yaitu jumlah
publikasi meningkat(baik nasional maupun internasional).
5. Capain terhadap relevansi hasil pengabdian kepada masyarakat, yaitu jumlah HKI, paten dan jumlah PkM dari industri meningkat.

Rencana Strategi (Renstra) Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UNIDA Gontor merupakan bagian dari rencana stretegis UNIDA yang dibuat secara multi tahun (5 tahun) 2018-2022 yang didasarkan pada roadmap, ketersediaan sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana pengabdian kepada msyarakat.

Jadwal proses pelaksanaan kegiatan PkM UNIDA Gontor sebagai berikut;

 
    1. Ketersediaan pedoman PkM dan bukti sosialisasinya
UNIDA Gontor mempunyai pedoman PkM serta sosialisasinya. Diantara pedoman PkM adalah SOP Pelatihan dan Klinik Proposal PKM, SOP Rekrutmen Tim Reviewer Internal PkM, SOP Seminar Pembahasan Proposal PKM, SOP Desk Evaluasi Proposal, SOP Pembahasan Proposal PkM, SOP Penetapan Pemenang PkM, SOP Proses Kontrak Pelaksanaan PkM,  SOP Proses Monitoring dan Evaluasi Internal, SOP Pelaporan Hasil PkM, SOP Seminar Hasil PkM, SOP Penjaminan Mutu PkM, SOP Tindak Lanjut Hasil PkM, SOP Sistem Penghargaan. Bukti sosialisasinya adalah workshop PkM yang diisi oleh LPPM UNIDA Gontor.
    1. Bukti yang sahih tentang pelaksanaan proses PkM
Dalam melaksanakan PkM sudah terlaksana review yang dilaksanakan pada bulan Februari, setelah direview dilaksanakan seleksi proposal pada bulan Maret, pada bulan April dilaksanakan kontrak PkM, pada bulan Mei hingga Oktober pelaksanaan PkM yang mana pada bulan Juli dilakukan Monitoring pelaksanaan PkM.
    1. Dokumentasi pelaporan PkM
Pada bulan Oktober melalui LPPM melaporkan hasil PkM terhadap rektor setelah disetujui oleh rektor maka dilaporkan ke pihak pemberi dana.
 
  1. Indikator Kinerja Tambahan
 
NO SASARAN INDIKATOR REALISASI
Bidang Pengabdian kepada Masyarakat
1 Pengenalan bahasa Arab dan bahasa Inggris kepada masyarakat
  1. Membuat modul pengajaran dan metode pembelajaran bahasa Arab kepada masyarakat;
  2. Mengajarkan pendahuluan bahasa Arab di TPA dan musholla binaan UNIDA Gontor.
2 Penanaman nilai-nilai Islam kepada Masyarakat
  1. Mengadakan pengajian tiap Ahad pagi beserta masyarakat sekitar;
  2. Melibatkan masyarakat dalam ibadah Qurban;
  3. Mengadakan Kampung Ramadhan UNIDA Gontor setiap bulan Ramadhan.
3 Pembinaan masyarakat dengan pembekalan soft skills
  1. Mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan budidaya tanaman dengan beberapa metode mutakhir;
  2. Sosialisasi kepada masyarakat tentang farmasi dan gizi yang berlandaskan ajaran Islam;
  3. Mengajak masyarakat pada gerakan sadar wakaf dan mawarits.
4 Sosialisasi Program Islamisasi kepada masyarakat
  1. Mengadakan seminar dan pengajian bertopik Islamisasi;
  2. Diseminasi hasil tulisan dan diskusi Islamisasi melalui buletin Jum’at.
 
  1. Evaluasi Capaian Kinerja
 
NO SASARAN STRATEGI PENCAPAIAN PENCAPAIAN 2019
  Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
1 Peningkatan kualitas Pengabdian Kepada Masyarakat
  1. Pengadaan pelatihan-pelatihan bagi dosen dan mahasiswa dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.
  2. Pemberian kesempatan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Program Studi dan Fakultas.
Terselenggaranya berbagai program yang mendorong dosen dan mahasiswa untuk giat melakukan pengabdian kepada masyarakat.
2 Pemanfaatan hasil penelitian dan penerbitan hasil Pengabdian kepada Masyarakat
  1. Penerbitan jurnal terakreditasi nasional dan internasional
  2. Penerbitan buku dan karya ilmiah dosen dan mahasiswa.
  3. Keikutsertaan dalam lomba-lomba karya ilmiah di tingkat nasional dan internasional.
  4. Penambahan buku-buku rujukan untuk penelitian.
  5. Keikutsertaan seminar atau workshop dengan tujuan untuk diseminasi hasil penelitian.
  6. Pengadaan pilot project penelitian yang menghasilkan produk tepat guna yang bisa digunakan masyarakat.
  7. Pemanfaatan hasil penelitian untuk pengembangan masyarakat.
  8. Pendorongan skripsi, tesis, dan karya dosen dalam bentuk perolehan HaKI (Hak Kekayaan Intelektual).
  1. Terakreditasinya jurnal-jurnal sebagai berikut:Jurnal Tsaqafah (SINTA 2), Kalimah, Gontor Agrotech Science Journal, at-Ta’dib, Lisanudhad, Fountain of Informatics Journal (SINTA 3), al-Tijarah, Dauliyah (SINTA 4), dan Journal of Industrial Hygiene and Occupational Helath (SINTA 5).
  2. Terbitnya beberapa buku dan karya ilmiah dosen dan mahasiswa.
  3. Penambahan koleksi buku-buku rujukan untuk penelitian sesuai dengan prodi yang ada di UNIDA Gontor.
  4. Diseminasi hasil penelitian di berbagai seminar dan workshop
  5. Terkumpulnya data HaKI dosen UNIDA Gontor sebanyak 33 karya.
 
  1. Penjaminan Mutu PkM
Dalam upaya untuk menjamin keberlanjutan dan kualitas kegiatan PkM Unida Gontor mengacu kepada kebijakan dan pedoman yang dikeluarkan oleh Diktis Kemenag dan pedoman pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat yang dikeluarkan oleh Unida Gontor khususnya untuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berbasis Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer.
Program pengabdian kepada masyarakat tidak hanya dilakukan oleh dosen saja, tetapi juga dilaksanakan oleh sebagian mahasiswa Unida Gontor. Sebagian  mahasiswa di sela aktivitasnya sebagai sivitas akademika PT, juga turut serta dalam kegiatan kemasyarakat dalam bentuk membina Taman Pendidikan al-Qur’an (TPA), menghidupkan kegiatan dimasjid dan musholla, dan juga kegiatan kepramukaan di daerah sekitar UNIDA Gontor. Dari bagian takmir masjid Unida Gontor mengadakan pengajian rutin Ahad pagi mulai pukul 06.00 – 07.00 WIB yang dihadiri dari jamaah berbagai majelis taklim di Ponorogo dan sekitarnya. Kegiatan Hari Raya Kurban juga melibatkan masyarakat sekitar dan membagikan hasil Kurban kepada mereka. UNIDA Gontor juga aktif mengembangkan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji ISID (KBIH ISID) sebagai bentuk pengabdian UNIDA Gontor selaku Perguruan Tinggi Pesantren terhadap masyarakat sekitar.
Kebijakan yang mendukung kesinambungan mutu dan kualitas PkM, yang meliputi penyebaran informasi tentang kegiatan PkM, sarana dan prasarana, mengacu pada suatu ketentuan yang ditetapkan dalam Rencana Strategis Pengabdian kepada Masyarakat (Renstra). ketentuan dalam Renstra kemudian dijabarkan dalam buku pedoman penelitian. Kemudian buku pedoman tersebut dibagikan kepada dosen peneliti dan dipublikasikan melalui website (mencari website PkM)
Beberapa kebijakan akademik bidang pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut:
 
  1. Memiliki agenda PkM  jangka panjang
Pusat studi dan Program Studi sebagai wadah utama eksistensi potensi akademik perguruan tinggi. Sudah menjadi sebuah keniscayaan bahwa PkM, pusat studi dan Program Studi untuk menggagas dan merumuskan suatu peta jalan (road map) yang sistematis, terstruktur dan tertuju pada main goal sehingga mampu menghasilkan kenerja yang efektif dan efisien. Rumusan yang diharapkan untuk mencapai Main goal yang dituju pengabdi untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan berbagai jenis tema penelitian Unida Gontor yang disesuaikan dengan tema penelitian Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer yakni:, gizi dan obat-obatan,  seni dan budaya/industri kreatif, teknologi informasi dan komunikasi, pembangunan manusia Tema-tema tersebut  tercantum dalam RIP Unida Gontor 2016-2040.
 
  1. Tersedianya SDM, prasarana dan sarana yang memungkinkan terlaksananya PkM secara berkelanjutan.
Program yang mendukung berkelanjutannya kegiatan Pengabdian masyarakat, upaya dan kebijakan yang telah dilakukan PkM UNIDA Gontor antara lain adalah:
  1. Mendorong para pengabdi guna membentuk tim yang dibentuk di fakultas, program studi, pusat studi dan biro;
  2. Dalam RIP telah dituangkan Rencana pengabdian kepada masyarakat dalam 25 terakhir yang ditetapkan Penelitian UNIDA Gontor dengan berdasarkan Renstra Jangka panjang Universitas dan juga mengikuti perkembangan pengabdian kepada masyarakat yang terjadi pada saat ini;
  3. Publikasi dan sosialisasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di  jurnal-jurnal dan seminar-seminar;
  4. Menyelenggarakan workshop dan pelatihan metodologi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkala dan berkelanjutan bagi dosen dan pengabdi di lingkup UNIDA Gontor;                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
  5.  Pendampingan, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan PkM dilaksanakan demi tercapainya hasil yang maksimal;
  6. Memberikan dukungan dan memfasilitasi untuk para pengabdi untuk keperluan promo/kerjasama dengan institusi di luar UNIDA Gontor baik dalam skala regional, nasional maupun internasional;
  7. Tersedianya sumber daya insani, sarana dan prasarana, yang mendukung pelaksanaan pengabdian secara berkala dan berkesinambungan;
  8. Mahasiswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan dibebani tanggung jawab penuh sebagai pendamping.
Kegiatan PkM yang didanai oleh institusi berdasarkan pagu beserta usulan rencana kegiatan fakultas, program studi dan pusat studi secara proporsional. Adapun usulan kegiatan yang didanai oleh Diktis dan dari sumber dana lainnya ada beberapa tahapan yang harus dilalui mulai dari seleksi dari tim reviewer yang dibentuk oleh pihak perguruan tinggi, sebelum usulan tersebut dikirim ke Diktis untuk mendapatkan persetujuan.
Sumber dana kegiatan PkM sebagian berasal dari internal Unida Gontor, dan dana hibah  eksternal (Diktis Kemenag, YDSF, Pondok Modern Darusalam Gontor, dan Instansi dalam dan luar negeri). Selain kegiatan PkM yang dilaksanakan oleh Dosen pengabdi, kegiatan juga dilakukan oleh mahasiswa dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler yang dilaksanakan di desa mitra binaan. KKN dan PkM dilaksanakan secara regular dan non regular yang pelaksanaannya atas kerjasama dengan instansi terkait.
Standar Strategi
Standar Hasil PkM
 
menetapkan PkM yang sesuai dengan visi misi
 
Sosialisasi
Mengimplementasikan standar hasil yang ditetapkan
 
pelaksanaan hasil
audit Internal standar pelaksana PkM
Sosialisasi Renstra UNIDA Gontor kepada Dosen
Pelaksanaan audit internal secara konsisten
koreksi temuan isi yang tidak sesuai standar UNIDA Gontor Melakukan tindakan korektif terhadap ketidak sesuaian isi PkM
Peningkatan standar hasil PkM Perbaikan serta peningkatan standar hasil dari koreksi standar sebelumnya
Standar isi PkM
 
PkM yang bermutu Tim PkM memantau standar isi yang  bermutu
Menyesuaikan dengan program LPPM dan prodi
Mempublikasikan dalam bentuk jurnal nasional maupun internasional
Penyusunan hasil pengabdian tepat guna
Cakupan dan kedalaman PkM yang memuat prinsip kemanfaatan dan kemutakhiran
Melakukan evaluasi analis permasalahan dimasyarakat dengan memanfaatkan sifitas akademika yang kompeten dan tekhnologi tepat guna
Menyusun rencana PkM yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
Sosialisasi standar isi PkM kepada seluruh Dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa
Evaluasi standar isi PkM Melakukan pengukuran secara periodik terhadap ketercapaian semua isi PkM
Pencatatan/perekaman ketidaksesuaian isi
Dan dokumen tidak lengkap
Pemantauan dan evaluasi diri pada setiap akhir tahun
Pengendalian Standar isi Audit atas implementasi standar isi PkM sesuai standar yang ditetapkan
Peningkatan standar isi Melakukan revisi standar isi yang baru sehingga menjadi standar lebih tinggi
Standar Proses PkM
 
Penetapan Pemberlakuan standar proses PkM
Sosialisasi standar proses PkM dan evaluasi
Pelaksanaan LPPM mensosialisasikan panduan penelitian
LPPM Memfasilitasi pelaksanaan PkM
Evaluasi Tim auditor internal mengevaluasi pelaksanaan proses standar
Pengendalian BPM mencatat temuan ketidaksesuaian standar proses
Tim BPM membuat laporan secara periodic tentang perkembangan korektif kepada rektor
Peningkatan meningkatkan standar proses dan
melakukan rumusan baru standar proses PkM yang telah di tingkatkan
Standar penilaian PkM
 
Penetapan SK pemberlakuan standar penilaian PkM
Pelaksanaan LPPM memberikan penghargaan  PkM yang menghasilkan luaran
Evaluasi Tim audit internal melaksanakan audit penilaian standar
Pengendalian BPM memberikan catatan dan temuan ketidak sesuaian standar penilaian PkM
Peningkatan BPM membuat standar baru penilaian PkM
Standar pelaksanaan PkM
 
Penetapan Sosialisasi standar pelaksanaan BpM
Pelaksanaan Sosialisasi renstra dan panduan PkM
Evaluasi Tim auditor melakukan audit internal setiap pelaksanaan PkM
Pengendalian BPM pemantauan secara tentang hasil tindakan korektif yang dilaksanakan
Peningkatan Melakukan evaluasi standar pelaksanaan yang akan ditingkatkan
Standar sarana dan prasarana PkM
 
Penetapan Dosen dapat mengusulkan kebutuhan sarana dan prasarana PkM
Pelaksanaan LPPM melaksanakan sosialisasi ketersediaan sarana dan prasarana
Evaluasi Tim auditor melaksanakan audit internal sarana dan prasarana
Pengendalian BPM memberikan catatan dan temuan ketidaksesuaian standar sarana dan prasarana
Peningkatan Adanya perbaikan standar sarana dan prasarana
Pendanaan dan pembiayaan PkM
 
Penetapan Tersedianya pedoman pendanaan dan pembiayaan PkM
Pelaksanaan Sosialisasi standar pendanaan dan pembiayaan PkM yang ditetapkan kepada fakultas dan prodi
Dosen dapat mengajukan proposal pendanaan dan pembiayaan PkM
Evaluasi dilaksanakannya audit internal pendanaan dan pembiayaan PkM
Pengendalian BPM memberikan catatan dan temuan ketidaksesuaian pendanaan dan pembiayaan PkM
Peningkatan Dilaksanakannya standar peningkatan pendanaan dan pembiayaan berdasarkan hasil hasil evaluasi laporan PkM
 
  1. Kepuasan Pengguna
Dalam mengukur kepuasan pengguna UNIDA Gontor menggunakan metode kuisioner yang dibagikan kepada stake holder. Skala yang digunakan dalam kuisioner ini adalah skala likert. Dalam kuisioner, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah; 1. Layanan (kesopanan dan keramahan petugas, kemampuan petugas dalam memberikan layanan, ketepatan jadwal layanan, kemudahan prosedur layanan, kesesuaian antara prosedur dan layanan), 2. Program (Pendaftaran KKN, Penilaian KKN, Pembimbingan KKN, penetapan desa binaan, pelaksanaan diklat PkM, Sistem pemberdayaan masyarakat, kecukupan dana PkM, Sosialisasi program, transparansi, ketepatan sasaran PkM, Jejaring kerjasama.  Dalam pengukuran kuesioner sudah teruji validitas, heteroskedastisitas, dan normalitas. Hasilnya adalah



Dari diagram diatas dapat disimpulkan bahwa mayoritas kepuasan stake holder mendekatai angka 5. Artinya, stake holder sangat puas dengan kinerja, layanan, dan program PkM.
 
  1. Kesimpulan Hasil Evaluasi Ketercapaian Standar Pengabdian kepada Masyarakat serta Tindak Lanjut
Hasil evaluasi ketercapaian Standar PkM UNIDA Gontor merumuskan beberapa catatan. Catatan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Kurangnya kemampuan dalam memperoleh dana hibah kemenristek
  2. Belum maksimalnya kegiatan PkM berbagai penelitian.
  3. Kegiatan PkM perlu ditujukan dalam aspek kolaborasi keilmuan.
  4. Keberlanjutan program perlu ditingkatkan.
  5. Kerjasama PkM dan institusi lain masih belum maksimal.
  6. Perolehan dana hibah masih belum maksimal.
Dari berbagai hasil tersebut, ditemukan bahwa kegiatan PkM dosen dan mahasiswa UNIDA Gontor belum maksimal. Akar masalah terletak pada fokus UNIDA Gontor kepada PkM masih belum dapat maksimal. Hal tersebut dikarenakan fokus para dosen sementara ini lebih tercurahkan pada kegiatan pembelajaran.
Karenanya, UNIDA Gontor mencoba mendorong para dosen untuk juga mencurahkan fokus mereka kepada penelitian dan PkM. Berbagai jumlah di atas memberikan gambaran bahwa semangat para dosen dalam melakukan penelitian dan PkM sudah mulai meningkat.

Selain itu, hasil PkM para dosen belum dapat terintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, PkM dan Direktorat Islamisasi bekerjasama dengan Program Studi untuk mengakomodir rencana kegiatan PkM yang sesuai dengan kurikulum program studi tersebut. Hal ini juga dilakukan dengan mengadakan observasi terkait pilot project yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat luas.
Akar masalah lainnya adalah lingkup PkM yang masih terbatas di wilayah Kabupaten. Sebagaimana visi UNIDA Gontor, yaitu menjadi pusat Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer dan Pengajaran Bahasa Arab, maka minimal UNIDA Gontor harus memperluas hasil PkM setaraf nasional. Untuk menindaklanjutinya, UNIDA Gontor bekerjasama dengan mitra kerjasama dari Perguruan Tinggi, Lembaga Pendidikan Islam, dan Pondok Pesantren alumni dalam melakukan PkM ke berbagai daerah di Indonesia. Dengan kerjasama tersebut, diharapkan rencana PkM dan hasil PkM tepat guna sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Selain itu, berbagai kegiatan kemasyarakatan diadakan UNIDA Gontor sebagai langkah tindak lanjut dalam mengetahui kebutuhan rancangan PkM di masyarakat. Kegiatan tersebut meliputi Pembinaan TPA dan Musholla sekitar, Pendidikan Pramuka di Sekolah, Pengajaran di Madrasah Ibtidaiyyah sekitar, kegiatan Bakti Sosial setiap menjelang Idul Adha, Pelaksanaan Ibadah Qurban, Pengajian Ahad Pagi, Buka Puasa Bersama Masyarakat, Kampung Ramadhan UNIDA Gontor, Arabic Camp dengan siswa MTs dan MA se-Ponorogo, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), dan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berbagai kegiatan tesebut berlandaskan orientasi Pondok Modern Darussalam Gontor, yaitu kemasyarakatan.





 

Sumber : Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat, Renstra PPM, SOP Pengabdian pada Masyarakat,